Gaungriau.com -- Sebagai bagian dari upaya peningkatan literasi bagi masyarakat Riau khususnya di kalangan pelajar, Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru menggelar Lomba Karya Tulis untuk pelajar SMA/MA/SMK se derajat tingkat Provinsi Riau.

Adapun tema lomba karya tulis ilmiah yaitu science and technologi for humanity/ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kehidupan. Lomba di bagi dalam dua kategori yaitu, Kategori Ilmu Pengetahunan dan Teknologi, dan Kategori Ilmu Pengetahuan Sosial Kemanasian.

Peluncuran lomba karya tulis ilmiah dilakukan tepat di hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 77, Rabu 17 Agustus 2022 di lapangan upacara Unilak yang dilakukan Dr Junaidi bersama dengan kepala LPPM Dr David Setiawan.

Rektor Unilak Dr Junaidi mengatakan, lomba karya tulis ini diadakan oleh LPPM Unilak dalam rangka menumbuhkan kembangkan semangat dan budaya menulis bagi pelajar SMA /sederajat di Riau.

"Kami percaya dan yakin bahwa anak-anak Riau memiliki kemampuan dan menulis, sehingga dari lomba ini mereka akan terlatih, lomba tulis ini mampu merangsang daya pikir pelajar di Riau, mengembangkan penelitian berbasis tulisan, menambah pengetahuan, dan dapat memberikan citra positif diri bagi penulis," ujar Junaidi.

Dikatakan Junaidi, panitia akan menyediakan hadiah jutaan rupiah, sertifikat dan trophy untuk 5 orang juara/pemenang. Kami berharap pihak sekolah dan guru guru di Riau dapat mengikutsertakana pelajar dalam lomba karya tulis Unilak ini.

Untuk laman pendaftaran dapat dilihat di https://lkti.unilak.ac.id/. Pendaftaran dan pengumpulan karya 1-25 Agustus 2022. Seleksi karya tulis 26-31 Oktober 2022, dan pengumuman finasli 1 November 2022, dan grand final 16-17 November 2022.

Adapun persyaratan peserta merupakan pelajar SMA/MA/Sederajat yang di buktikan dengan kartu pelajar, setiap tim terdiri dari minimal 2 pelajar dan maksimal 3 pelajar dan 1 orang sebagai ketua tim. setiap orang hanya boleh menjadi satu ketua tim untuk satu karya tulis,setiap tim wajib memiliki guru pembimbing, pemenang lomba merupakan perserta yang mendapatkan nilai akumulasi tertinggi.

Untuk kategoriny adalah Ilmu Pengetahunan dan Teknologi dapat berupa bidang Fisika, Teknik, Energi, Sistem Software, Matematika, Mekanika dan Elektronika, Ilmu Komputer, Robotic dan Inteligent mechine, Teknik Lingkungan dan Teknik Material Science. Dan Kategori Ilmu Pengetahuan Sosial Kemanusian dapat berupa bidang Politik, Sejarah Geografi, Sosiologi, Antroplog, Phisikilogi dan lainnya.

Informasi lomba dan lainya dapat menghubungi Guntoro 0852 7122 0118, Windya 0852 7162 0554, dan Olivia 0811 7581 987 atau dapat melihat di website dan sosial media Unilak.**(rls)