Pekanbaru (Gaungriau.com) -- sepakat menjalin kerjasama langsung dan kolaborasi di bidang teknologi, penelitian dan pendidikan, Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) dan Universiti Sains Islam Malaysia (USIM) menuangkannya dalam sebuah penandatangan Memorandum of Understandi (MoU), yang dilaksanakan, Selasa 22 Maret 2022.

Penandatangan MoU antara UMRI dan USIM dilakukan oleh Rektor UMRI Dr Saidul Amin s dan Prof Dato’ Dr Mohamed Ridza Wahiddin selaku Vice-Chancellor USIM. Penandatanganan kerja sama ini diikuti juga oleh sejumlah pimpinan fakultas yang dalam acara ini berkesempatan untuk berdiskusi dengan perwakilan USIM.

Rektor UMRI Dr Saidul Amin MA menjelaskan, perjanjian kerjasama ini akan memperkuat relasi kedua institusi. Kerja sama ini membuka berbagai kesempatan yang dapat dimanfaatkan oleh sivitas akademika UMRI. Kesepamahan tersebut tidak hanya di bidang intelektual tapi sebagai bentuk perpaduan ummah.

"Kolaborasi ini juga berarti menjalin kedekatan batin antara Malaysia dengan Riau, Indonesia. Diharapkan dapat memajukan riset untuk pengembangan pemikiran dan keilmuan Islam di Asia Tenggara,"ungkapnya.

Klikhttp://www.umri.ac.id untuk mendapatkan info seputar UMRI lainnya

Sementara, Vice-Chancellor USIM, Professor Dato’ Dr. Mohamed Ridza Wahiddin mengungkapkan, bahwa teknologi saat ini memberikan kesempatan yang sangat besar untuk bisa terkoneksi.
UMRI merupakan universitas Muhammadiyah ke-10 yang bekerjasama dengan USIM.

"Semoga kerja sama ini dapat menjadikan UMRI dan USIM menciptakan kurikulum terkini, pendidikan berkualitas dan hasanah dalam keilmuan menjadi rahmatan lilalamin," tuturnya.

Dia juga menyebut kalau salah satu tugas pendidikan tinggi, dalam hal ini adalah mempersiapkan para staf dan mahasiswa untuk dapat mengambil keuntungan dari konektivitas ini dan membuka kesempatan untuk terlibat dalam aktivitas kolaboratif di masa mendatang.

“Saya yakin jika kerja sama ini akan menghasilkan hal-hal yang nyata dan bermanfaat,” tutupnya. (rls)