Gaungriau.com -- Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) secara resmi telah membuka pelaksanaan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun akademik 2023/2024, berdasarkan jumlah mahasiswa yang diterima tahun 2022 ditambah 20 persen, maka untuk target jumlah mahasiswa baru yang akan diterima UMRI adalah ebanyak 3 ribu orang.

Launching PMB UMRI ini diresmikan oleh Rektor UMRI Dr Saidul Amin bersamaan dengan kegiatan KKN UMRI Award 2022, Rabu 7 Desember 2022 malam dihalaman gedung Rektorat UMRI. Siangnya launching telah dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Prof Dr Muhadjir Effendy MAP.

Saat launching tersebut Menteri Muahdjir menyampaikan apresiasi kerjasama internasional yang mulai dilaksanakan Rektor UMRI dan jajaran. "Daya jelajah rektor luar biasa. Yang saya tahu pak rektor kita Prof Saidul Amin ini Komunikasinya bagus, ceramahnya bagus dan terkenal," ujarnya.

Muhadjir menyebut, jumlah mahasiswa Umri sebanyak 11 ribu saat ini adalah luar biasa, ini melihat dari usia Umri yang masih tergolong muda, tinggal mengembangkan saja agar lebih baik dan tertata.

"Kemudian bagi sekolah SLTA yang mengirimkan mahasiswa terbanyak untuk kuliah disini, kita beri apresiasi dalam bentuk bantuan, misalnya komputer, program dan lainya, dan jangan uang," pungkasnya.

Rektor Saidul mengatakan, pada PMB tahun akademik 2023/2024 juga masih menggunakan sistem online dan offline, Untuk yang lokasi tempat tinggalnya jauh, bisa mendaftar secara online. Untuk online, dibuat dengan sistem yang sederhana. Jadi pendaftar lebih mudah memanfaatkan websitenya. Sementara yang mau mendaftar langsung ke kampus akan dibantu dengan panitia.

Dalam PMB tahun 2023/204, UMRI menargetkan bisa menerima 3.000 Mahasiswa baru. "Kerjasama dari kita semua dalam mewujudkan itu sangat diharapkan," ungkap Saidul Amin.

KKN Award

Terkait pelaksanaan KKN UMRI tahun ini, Rektor Saidul menyampaikan ucapakan terimaksihnya kepada daerah yang telah memfasilitasi kegiatan ini. Tantangan kedepan yang akan dilakukan LPPM UMRI adalah melaksanakan KKN Internasional dan juga KKN di daerah terpencil, terisolir dan terluar di Provinsi Riau.

“Untuk KKN internasional ini kita telah menjajakinya beberapa waktu lalu ke negara Malaysia dan Thailand, dan Alhamdulilah mereka menyambut positif, dan sekolah-sekolah disana menyatakan kesiapan mereka untuk menerima Mahasiswa/i UMRI yang akan melaksanakan KKN,” pungkas Rektor.

Sementara, Kepala LPPM UMRI Dr Aidil Haris SSos MSi menyampaikan bahwa KKN Award yang dilaksanakan LPPM UMRI merupakan bagian pemberian apresiasi kepada Dosen selaku pembing dan Mahasiswa/i sebagai peserta KKN yang telah sukses melaksanakan berbagai program ditengah masyarakat.

“Kita ingin mengapresiasi kerja keras dan pengorbanan yang mereka lakukan saat KKN,” ujar Aidil.

Aidil menjelaskan, berbagai kategori diberikan award, tidak hanya kepada Mahasiswa/i sebagai peserta, Dosen yang menjadi pembimbing pun diberi penghargaan.

“Alhamdulilah pelaksanaan KKN tahun 2022 ini berjalan dengan aman dan lancar, semoga apa yang dilaksanakan Mahasiswa selama kegiatan KKN bisa bermanfaat bagi masyarakat di lokasi mereka melaksanakan KKN,” imbuhnya.

Berikut nama-nama pemenang KKN Award UMRI tahun 2022:

1. Kategori Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) terbaik dalam kota : Annie Mustika Putri SE MAk Ak, CA

2. Kategori Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) terbaik luar kota : Satriardi,ST.,M.Eng

3. Kategori Kelompak KKN terbaik dalam kota :

Juara 1 : Air Hitam 1
Juara 2 : Kelompok 20 Bencah Lesung
Juara 3 : Kelompok 3 Tirta Siak 1

4. Kategori Kelompak KKN terbaik luar kota :

Juara 1 : Kelompok 53 Desa Pulau Sarak
Juara 2 : Kelompok 45 Kampung Berumbung Baru
Juara 3 : Kelompok 24 Desa Koto Simandolak

5. Kategori Tereksis : Kelompok 62, Desa Rawang Kawo (10 Berita)

6. Kategori Teraktif dan Inofatif : Kelompok 10 Tangkerang Labuai 2

7. Kategori Video Sinematik terbaik : Kelompok 43 Desa Tanjung Rambutan, Link : https://youtu.be/IWYpSGo5W9I.**(mad)