• Hotman Sitompul

PEKANBARU -- Ketua Komisi I DPRD Kota Pekanbaru, Ir Hotman Sitompul SH, mengatakan pihaknya di DPRD sudah menjadwalkan untuk memanggil seluruh camat dan lurah yang baru dikukuhkan dan dilantik untuk menggelar dengar pendapat (hearing) dengan Komisi I.

"Kita di Komisi I sudah mengagendakan dari tanggal 23-27 Januari ini akan memanggil camat dan lurah untuk menggali apa saja yang menjadi program mereka kedepan. Pemanggilan ini tekait APBD yang telah disahkan bagaimana pelaksanaannya, juga masalah pelayanan, dan masalah sampah, agar pelayanan kepada masyarakat, dapat berjalan dengan baik," ungkap Hotman, Rabu 18 Januari 2017.

Saat ditanya adanya isu tentang pengangkatan camat dan lurah yang tidak sesuai dengan ketentuan yang ada, Hotman Sitompul menanggapi ini dengan hal yang positif tetapi dengan adanya isu ini harus melakukan evaluasi.

"Isu tersebut bisa positif dan negatif, kita menanggapinya dengan hal positif saja tetapi harus adanya evaluasinya. Dalam hearing nanti tentunya kita mempertanyakan kepada setiap camat dan lurah nantinya," ungkapnya.

Lebih lanjut, politukus PDIP ini juga mengatakan bahwa setiap camat dan lurah yang dipilih tentunya memiliki pengalaman akan jabatan yang ditempatinya dan memiliki kemampuan dalam menjabarkan apa yang akan kerjakannya. Itulah tentunya yang menjadi pertimbangan dalam menetapkan camat dan lurah tersebut.

"Mereka harus mengerti akan hal yang akan dijabarkan dalam pekerjaannya. Saat ini sudah ada wanti-wanti mulai dari atas hingga bawah, apalagi daerah -daerah yang akan melaksanakan Pikada, pejabat yang ditunjuk tersebut harus netral dan masyarakat harus melakukan kontrol. Jika ada camat dan lurah yang bermain maka bisa di non jobkan," tandasnya.**(dwi)