Gaungriau.com (SIAK) -- Pelaksanaan helat Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Kabupaten Siak harus ditunda, dikarenakan diwaktu yang bersamaan anak-anak masuk sekolah Tahun ajaran baru.

"Ya, seyogyanya ajang MTQ tingkat Kabupaten Siak sesuai dari hasil rapat sebelumnya jelang bulan puasa lalu, pelaksanaannya pada 15 Juni. Namun karena sesuatu hal, untuk MTQ tingkat Kabupaten Siak Tahun 2019 harus ditunda. Insya Allah, 16 Juli helat itu akan kita laksanakan," kata Kabag Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Siak, Drs H Rozali Jaya MSi saat dihubungi media ini via ponselnya, Rabu 12 Juni 2019.

Menurut dia, tertundanya pelaksanaan helat MTQ ini bukan unsur disengaja, akan tetapi dikarenakan pada tanggal yang telah direncanakan sejak awal bersamaan pula dengan waktu anak-anak masuk sekolah untuk Tahun ajaran baru 2019 - 2020.

"Selain dari itu, juga pada awal Juli sudah masuk pula waktu anak menikmati masa libur sekolah, karena kalau kita gelar MTQ ini sesuai dengan rencana awal, maka akan sepi. Kedua persoalan ini lah yang jadi pertimbangan ditundanya ajang MTQ," ucap Rozali.

Dia juga enjelaskan, terkait penundaan pelaksanaan ajang MTQ ini sudah disurati sebagai bentuk pemberitahuan. Sehingga dengan penundaan ini masih ada kesempatan bagi Qori dan Qori'ah dimasing-masing-masing kecamatan untuk semakin memantapkan dalam mempersiapkan diri lagi.

"Selama ini peran dari anak sekolah ikut meramaikan kegiatan pelaksanan ajang MTQ. Ini yang merupakan bagian dari syiar Islam yang harus diramaikan oleh anak-anak kita," pungkasnya.**(jas)