Gaungriau.com (Dumai) -- Kesehatan masyarakat merupakan kerja utama pihak Puskesmas Bukit Kapur, hal itu di sampaikan oleh kepala puskesmas Bukit Kapur Dr Eka wahyudya ningsih dalam sebuah acara lokakarya mini lintas sektoral Puskesmas Bukit Kapur Rabu 4 Desember 2019.

Acara yang di pusatkan di gedung pertemuan kecamatan Bukit Kapur tersebut di hadiri oleh Camat Bukit Kapur Bustamam, Koramil Bukit Kapur yang di wakili oleh pelda M, Meha, lurah Bukit Nenas Abdul Gani S.Sos para ketua RT dua kelurahan Bagan Besar dan Bukit Nenas serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya Kepala puskesmas bukit kapur Dr Eka Wahyu Dyaningsih memaparkan Program inovasi kerja puskesmas bukit kapur tahun 2020 ada 4 program kerja diantaranya cerdik pandai. Pekan institusi Sikali dan sineli. Cikgu sayang

"Upaya untuk meningkatkan angka kesehatan masyarakat di wilayah kerja puskesmas bukit kapur kami mempunyai beberapa program diantaranya penekanan penyakit DBD disebut program cerdik pandai,program PTM atau penyakit tidak menular ,program pekan institusi.program si kakek lincah dan nenek lincah program ini kusus untuk masyarakat uang usianya 50 tahun keatas. Dan cikgu sayang program ini sudah di jalan kusus di sekolah sekolah yang ada di kecamatan bukit kapur,"ungkapnya.

Khusus masalah penyakit DBD yaitu penyakit yang di sebabkan gigitan nyamuk Aedes aegypti yang menularkan virus dengue, penyakit ini di tandai dengan demam mendadak 2-7 hari tanpa sebab yang jelas, badan terasa lemah/lesu,gelisah,nyeri pada hulu hati dengan di sertai pendarahan pada kulit dan penderita alami syok.

Penyakit DBD pada tahun ini di wilayah kerja puskesmas Bukit kapur telah menelan korban 1 orang di wilayah kelurahan bagan besar tepatnya di jalan KUD RT 05,lanjutnya lagi.

Dia berharap kusus untuk penyakit DBD ini harus menjadi perhatian kusus dari semua komponen masyarakat jangan hanya berharap kepada dinas kesehatan atau pihak puskesmas belaka tapi juga butuh keterlibatan semua masyarakat agar sama sama menjaga lingkungannya agar tetap bersih.

Disisi lain camat Bukit Kapur Bustamam meminta kepada semua yang hadir untuk dapat bekerja sama dengan pihak kesehatan dalam menjaga kesehatan diri dan keluarganya masing masing.

"Permasalahan DBD bukan hanya tanggung jawab pihak kesehatan senata namun ini merupakan tanggung jawab kita bersama, mangapa saya katakan demikian karna penyakit ini sumbernya dari nyamuk penyebar virus dengue yang bersarang di sekitaran rumah kita, jadi dari itu kita yang menjaga kebersihan lingkungan kita,kalau lingkungan kita bersih niscaya penyakit DBD bisa kita hindari," pungkas camat.**(lan)