• Penyerahan dukungan dari Tim Penjaringan Marzum Hamid kepada Sekretaris IKA FKIP Aiden Yusti, untuk Suhu Wan

Gaungriau.com (PEKANBARU) -- Ikatan Keluarga Alumni (IKA) FKIP Universitas Riau (Unri) sepakat untuk mengusung Wan Muhammad Hasyim, SE, Ak, sebagai Calon Ketua Umum IKA Unri yang akan melaksanakan Kongres V, pada 5 Juni 2021 mendatang di Pekanbaru.

Pengusaha nasional berusia 52 tahun yang dikenal dengan nama Suhu Wan ini akan bersaing dengan dua kandidat lainnya, Dr. H. Achmad MSi dan Hj Kasmarni SSos, MSi. Selain tiga kandidat ini, ada lagi sejumlah nama yang mengaku akan meramaikan bursa pemilihan, baik dari Riau maupun yang berdomisili di luar Riau.

Ketua Penjaringan IKA FKIP Unri, H Dheni Kurnia kepada media, Selasa 1 Juni 2021 mengatakan, dalam Rapat IKA FKIP yang diikuti 16 Wakil Prodi dan 5 Anggota penjaringan, menyepakati memberikan suara kepada Wan Muhammad Hasyim.

Dheni yang didampingi anggota tim penjaringan, masing-masing Marzum Hamid, Teja Kusuma, Nurafni dan Rizqi Windra, menyimpulkan, bahwa dari tiga calon yang meminta FKIP memberikan dukungan, masing-masing Dr. H. Achmad MSi, Wan Muhammad Hasyim SE, Ak, dan Hj Kasmarni SSos, MSi, akhirnya melalui suara terbanyak memutuskan suara untuk Suhu Wan.

"Alhamdulillah dalam rapat IKA FKIP pada hari ini, kita sepakat untuk mengusung Wan Muhammad sebagai calon ketua umum IKA Unri periode 2021-2025," kata Dheni Kurnia yang juga Penasihat Ahli Gubernur Riau Bidang Informasi dan Komunikasi tersebut.

Dengan ditetapkannya Suhu Wan sebagai calon yang diusung FKIP Unri, kata Dheni, mereka juga bertekad untuk memenangkan dan mengantarkan alumni Fakultas Ekonomi Unri itu sebagai Ketua Umum IKA Unri periode empat tahun ke depan.

"Itu tekad kami segenap pengurus IKA FKIP. Insha Allah, perjuangan ini tidak akan sia-sia," ujar wartawan senior yang kini menjabat sebagai Ketua Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) PWI Provinsi Riau itu.

Hasil rapat penjaringan ini, segera disampaikan kepada Ketua Umum IKA FKIP, Suhardiman Ambi, untuk disahkan. Kemudian, bersama Sekretaris IKA FKIP, Aiden Yusti, Kamis 3 Juni 2021 Suhardiman mengantarkan Wan Muhammad mendaftar sebagai calon Ketua Umum IKA Unri.

Sebelumnya Pengusaha Ritel Indonesia yang memiliki 100 lebih gerai IdolMart di Jakarta, Bogor, Bekasi, Bandung dan Semarang ini juga sudah mendapatkan surat dukungan dari IKA Unri se-Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang dan Bekasi). Surat dukungan diserahkan langsung oleh Ketua Umum IKA Unri se-Jabodetabek, Djonieri didampingi sekretaris umum Bobby Irtanto pada 25 Mei 2021 lalu.

Dan bukan tanpa alasan IKA-UNRI Jabodetabek memberikan dukungan penuh kepada Wan Muhammad Hasyim untuk menjadi Ketua Umum IKA Unri.

"Suhu Wan adalah calon Ketua Umum DPP Ika Unri yang memiliki kapasitas dan kapabelitas untuk dapat mengembangkan Alumni UNRI yang tersebar di seluruh Indonesia dalam berbagai bidang profesi," kata Djonieri yang juga merupakan Direktur OJK Pusat.

Berdasarkan informasi yang diperoleh media, Kongres V IKA Unri dipastikan akan diikuti tiga kandidat saja masing-masing Wan Muhammad Hasyim, mantan Bupati Rohul yang kini anggota DPR-RI Dr. H. Achmad MSi serta Bupati Bengkalis Hj Kasmarni SSos, MSi.

Awalnya orang nomor satu di Provinsi Riau, yakni Gubernur Syamsuar dan Gubernur Kepri Anshar Ahmad juga disebut-sebut bakal ikut bersaing berebut Ketua Umum IKA Unri. Namun belakangan Syamsuar menegaskan dirinya dan juga Anshar Ahmad tidak ikut mencalonkan diri dalam Kongres IKA Unri karena ingin fokus dalam pekerjaan masing-masing. Apalagi saat ini terjadi pandemi Covid-19, yang tentunya sangat membutuhkan perhatian dan keseriusan seluruh kepala daerah guna menekan laju penyebaran virus Corona tersebut di daerah masing-masing.**(rls)