• Edi Haryono bersama Bupati Siak Alfedri

PEKANBARU -- Dr Edi Haryono ditunjuk untuk memimpin Pengurus Cabang Ikatan Keluarga Jawa Riau (IKJR) Kecamatan Kandis Kabupaten Siak. Penunjukan ini tertuang dalam SK No 01/DPD-IKJR/SK/XII tanggal 12 Desember 2022 tentang susunan pengurus cabang IKJR Kecamatan Kandis Kabupaten Siak.

Edi Haryono yang juga Rektor Institut EHMRI mengucapkan terima kasih atas kepercayaan DPD IKJR Kabupaten Siak yang mempercayakan dirinya memimpin IKJR Kecamatan Kandis. Amanah yang diberikan akan dijalan dengan sebaik baiknnya.

"Kepercayaan ini sebagai amanah bagi saya dan pengurus lainnya untuk menjalan organisasi ini lebih baik lagi," kata Edi Haryono, Jumat 13 Januari 2023 di Pekanbaru.

Edi juga mengatakan jadwal pelantikan pengurus cabang IKJR Kecamatan Kandis rencananya dilakukan 25 Februari mendatang. Setelah pelantikan, dirinya bersama pengurus lainnya akan langsung menjalakan program IKJR Kandis diantaranya pembentukan IKJR setiap kelurahan/desa se Kecamatan Kandis. Saat ini ada 11 desa/ kelurahan terdiri dari 3 kelurahan dan 8 desa.

Setelah pembentukan IKJR setiap desa, barulah setiap desa akan mendata suku jawa yang ada di Kecamatan Kandis.

"Saya berharap dengan pengurus baru IKJR Kecamatan Kandis ini bisa menyatukan orang jawa yang ada di Kecamatan Kandis. Kita membuka diri bagi suku jawa yang ingin bergabung didalam IKJR. Setiap ranting IKJR kelurahan /desa, ya bisa mendata 50 warga suku jawa," kata Edi Haryono.

Edi mengaku masih banyak warga keturunan jawa yang belum terdata. Sebab, bagaimana pun, IKJR ini sebagai wadah menyatukan suku jawa yang ada di Riau.

"Kalau saya lihat di Kandis ini banyak suku jawa. Bagaimana kawan kawan pengurus IKJR kelurahan dan desa mendatang warga suku jawa. Kita akan kenalkan kembali budaya jawa. Jangan sampai anak cucu kita tidak mengenal budaya jawa," ujar Edi. (rls)