• Mahyudin

PEKANBARU -- ‎Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Riau mulai melakukan persiapan jelang keberangkatan jamaah haji tahun 2023. Saat ini yang sedang berjalan adalah tahapan seleksi petugas haji.

Kepala Kanwil Kemenag Riau, Mahyudin mengatakan, pihaknya sengaja membuka lebih awal agar memiliki banyak waktu untuk menyeleksi petugas. Supaya petugas yang berangkat benar-benar yang petugas yang paham dan berkopenten.

‎"Persiapan kita‎ saat ini sedang rekruitmen petugas, sengaja kita buka lebih awal supaya kita bisa mendapatkan petugas yang bagus,"katanya, Jumat 20 Januari 2023.

Sementara dari sisi calon jemaah haji, belum ada persiapan, sebab hingga saat ini penetapan kuota untuk daerah - daerah di Indonesia, termasuk Riau belum ditetapkan oleh pemerintah pusat.

"Untuk kepastikan kuotanya belum ditetapkan, tapi kemungkinannya diatas 5 ribu orang. Karena kuota kita secara nasionalkan sudah normal," ujarnya.

Seperti diketahui, pada musim haji tahun 2023 ini, jamaah calon haji Riau akan diberangkatkan melalui Embarkasi Haji Antara (EHA) Riau.

Sejauh ini Kanwil Kemenag Riau bersama instansi terkait, termasuk Pemprov Riau mulai melakukan persiapan jelang keberangkatan haji tahun 2023 di Provinsi Riau yang dijadwalkan berangkat akhir Mei 2023 mendatang.

Pihaknya bersama instansi terkait sudah tiga kali melakukan pertemuan membahas persiapan keberangkatan haji tahun 2023.

"Sejak november tahun lalu kita sudah mulai rapat lintas sektor. Seperti dari Kemenag, dinas kesehatan, KKP, angkasa pura dan biro Kesra Setdaprov Riau," katanya.

Tidak hanya itu, sejauh ini tim dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Provinsi Riau juga sudah melakukan penilaian dan uji kelayakan asrama haji Riau.

"Penilaian kelayakan asrama haji oleh tim dari KKP sudah selesai dilaksanakan. InsyaAllah tidak ada masalah, asrama haji kita sudah siap untuk memberangkatkan calon jemaah haji tahun ini," ‎ujarnya.**