BENGKALIS -- Seringnya lampu mati yang tidak beraturan, PLTD bertempat di desa Pangkalan Batang Kecamatan Bengkalis, diperkirakan Mesin pembangkit sebesar 2,5 MW sejak awal puasa kemarin sudah dipasang di lokasi PLTD Bengkalis.

Dengan adanya tambahan “amunisi” tersebut, PLN untuk sementara waktu bisa bernafas lega dengan meniadakan pemadaman bergilir.
           
“Sejak awal puasa kemarin sudah kita pasang (mesin pembangkit,red), jadi selama puasa dan hari-hari berikutnya kita meniadakan pemadaman bergilir,” ujar  Direktur PLN Rayon Bengkalis, Luberti Hartoko, Jumat 17 Juni 2016.
           
Dikatakan sebelum ada tambahan daya 2,5 MW,  total daya tidak bisa memenuhi kebutuhan daya pada saat beban puncak yang mencapai 17 MW. Sekarang dengan tambahan daya tersebut, maka total daya yang dihasilkan mencapai 18 MW.
           
“Dengan demikian daya yang ada masih mampu untuk memenuhi kebutuhan daya pada saat beban puncak. Ini artinya, kita tidak perlu melakukan pemadaman bergilir,” kata Lubbertri.
           
Menyinggung tentang masih adanya pemadaman pada waktu-waktu tertentu, Lubberti menjelaskan kalau pemadaman tidak ada kaitannya dengan kekurangan daya. Melainkan karena faktor gangguan jaringan.

“Gangguan jaringan ini bisa terjadi karena banyak faktor, dan kita selalu mengantisipasi. Begitu ada gangguan atau kita dapat laporan, maka petugas langsung meluncur ke lokasi,” katanya.**(fer)