JAKARTA -- gaungriau.com -- Pelompat jauh, Rica Oktavia berhasil membukukan medali emas para atletik nomor lompat jauh Asian Para Games 2018, di Gelora Bung Karno Jakarta, Senin 8 Oktober 2018.

Rica berhasil melompat sejauh 5,25 meter di kategori T20 putri sekaligus memastikan emas ketiga bagi kontingen Indonesia sekaligus memecahkan rekor Asi yang bertahan sejak tahun 2016.

"Alhamdulillah.. saya bisa melewati rekor Asia. Saya senang bisa mencapai target medali emas," kata Rica seusai lomba.

Rekor Asia lompat jauh T20 putri sebelumnya dipegang oleh atlet Malaysia Siti Noor Radiah Ismail dengan jarak lompatan 5,20 meter yang dicatatkan di Paralimpiade 2016 Rio de Janeiro, Brasil.

Pada Asian Para Games 2018, Siti Noor Radiah harus puas dengan meraih perak dengan lompatan sejauh 5,18 meter. Medali perunggu di nomor ini direbut oleh atlet Jepang, Sakai Sonomi dengan capaian lompatan 5,02 meter.

Meraih medali emas di Asian Para GAmes tidak membuat Rica Oktavia terlena. Sebab, dia masih mengincar tampil di ajang multicabang olahraga disabilitas terbesar di dunia. "Saya ingin tampil di Paralimpiade 2020 di Tokyo," ujar atlet berambut emas berusia 25 tahun itu.

Sukses meraih medali emas membuat Rica dipastikan meraih bonus Rp 1,5 miliar dari pemerintah. Rica pun sudah memiliki rencana terkait hal itu. "Bonus itu akan saya gunakan untuk membiayai ayah dan ibu naik haji,” kata Rica lagi.

Di Asian Para Games ini, Rica tampil di dua nomor. Selain lompat jauh T20 putri, dia juga berkompetisi di tolak peluru F20 putri. Namun, di tolak peluru F20 itu, Rica tidak berhasil meraih medali.**(bbg)