• IGI Rohul, Gelar pelatihan peningkatan kompetensi guru

Gaungriau.com (UJUNGBATU) -- Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora), Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Provinsi Riau, Drs H Ibnu Ulya MSi, melalui Kabid SMP H Zulfikar, mendukung kegiatan peningkatan kompetensi tenaga pendidik yang telah dilaksanakan oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI), di Kordinator Pendidikan (Kordik) Ujung Batu akhir pekan kemarin.

"Kita memberi apresiasi kepada wadah IGI yang sudah berinovasi andil membuat suatu kebijakan program yang bisa meningkatkan kualitas dan kemampuan kompetensi para guru tenaga pendidik di Rohul," ujar Zulfikar Senin 24 Februari 2020.

Zulfikar menghimbau agar IGI Kabupaten Rohul terus bersemangat mengembangkan program pelatihan kompetensi Satu Guru Satu Buku (SAGUSAKU) sehingga sasaran pendidikan yang ditularkan kepada murid dapat menyentuh emosional anak didik.

Diakui Zufikar, Dinas Pendidikan memiliki keterbatasan wewenang dalam menyelenggarakan pelatihan seperti ini. Misalnya, SMA saat ini sudah pindah wewenang Pemerintah Provinsi Riau. "Nah dengan adanya wadah IGI, kita berharap bisa mengkaper mulai jenjang SD sampai ke tingkat dewa SMA/SMK," ujarnya.

Sementara ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Hj Afrianti SS MMPd menyatakan bahwa IGI semakin eksis mengembangkan sayap meningkatkan mutu pendidikan di Negeri Seribu Suluk.

"Bertempat di aula Kantor Kordinator Pendidikan (Kordik) Kecamatan Ujung Batu, pelatihan kompetensi guru SAGUSAKU ke 2 berlangsung selama dua hari Sabtu (22/2) hingga Ahad 23/2", urai Afrianti.

Dikataknnya, peserta pelatihan kompetensi guru ini diikuti sebanyak 170 peserta guru mulai tingkat sekolah dasar (SD) sampai sekolah menengah atas dan kejuruan (SMA/SMK) dari 14 kecamatan diluar dari Kecamatan Rambah Hilir dan Tambusai Utara.
Ketua IGI Kabupaten Rohul Hj Afrianti SS MMPd menyampaikan, bukan hanya guru peserta yang ikut pelatihan kompensi guru kali ini juga ada 3 orang siswa SMA dari Kecamatan Tandun.

"Kita bersyukur para peserta pelatihan sangat antusias, ini menunjukkan bahwa Program SAGUSAKU yang di prakarsai IGI mendapat tempat dan dukungan dari para guru Rohul," kata Kepala SDN 007 Ujung Batu itu di sela-sela pelatihan.

Dia menambahkan, bahwa kegiatan pelatihan satu guru satu buku IGI Kabupaten Rokan Hulu 2 lahir karena tingginya keinginan para guru Rokan Hulu pada kegiatan pelatihan SAGUSAKU IGI Rohul 1 untuk mengikuti kegiatan pelatihan, dan karena keterbatasan ruang untuk menampung peserta.**(lim)