• Ir H Murnis Mansyur

Gaungriau.com (ROHUL) -- Prihatin melihat kondisi perkembangan kemajuan pembangunan kampung kelahirannya Kab Rohul, Ir. H.Murnis Mansyur S.P akan maju sebagai Bakal Calon Bupati (Balon) Bupati pada konstelasi pilbup Rohul Desember mendatang.

Pengalamnya diberbagai didunia bisnis dikancah nasional membuat pria kelahiran asal Lubuk Bendahara ini termotifasi untuk mengimplementasikan konsep dan pemikiran cemerlangnya dalam percepatan pembangunan negeri seribu suluk kedepan.

Ir H Murnis Mansyur juga dikenal bukan hanya piawai dibidang bisnis, namun beliua juga sudah malang melintang diberbagai organisasi kepemudaan. Selain itu, ia juga sosok pigur berpengaruh yang pernah menduduki jabatan wakil sekretaris DPD I Partai Golkar wilayah Riau.

Pada konstelasi Pilbup Rohul mendatang, H Murnis Mansyur adalah salah satu kader senior Partai berlambang pohon beringin yang sudah direkom DPD II Golkar Rohul ke Dewan Pengurus Pusat DPP Partai Golkar.

Kepada gaungriau.com, H Murnis Mansyur banyak menceritakan langkah strategis yang akan dia terapkan jika pada helat Pilkada Rohul mendatang amanah masyarakat Rohul dipercayakan kepadanya.

Langkah strategis dalam percepatan peningkatan perekonomian masyarakat yang akan dilakukakannya adalah pemamfaatan potensi alam bumi Rokan Hulu yang sampai saat ini belum terjamah oleh pemerintah, dimana hasil bumi ini dapat kita kelola tanpa menabrak perundang-undangan yang ada.

"Dengan dukungan dari semua stackeholder dan elemen masyarakat, Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Rohul, bisa kita sesuaikan dengan rencana pembangunan pabrik perindustrian dilokasi tambang tersebut", ujar Murnis.

Cita citanya untuk percepatan peningkatkan tarap hidup perekonomian masyarakat Rokan Hulu bisa dilaksanakan dengan memamfaatkan potensi kekayaan alamnya, dimana Rohul punya Tambang Batu Bara, Timah, Semen, boksit, Bukit Kapur, kesemua tambang itu bisa dikelola tergantung pada kemauan pemerintahnya.

"Jika masyarakat mempercayakan amanah kepadanya, ia akan mendatangkan investor luar untuk memamfaatan pengelolaan potensi tambang Semen, maka cita-cita kita untuk mendirikan industri PT Semen Rohul Nusantara akan dapat terwujud", sebut Murnis dengan optimis.

Diestimasi biaya untuk membangun pabrik semen itu 9,8 Triliun, pembiayaan untuk imvestasi itu sudah dielaborasikannya dengan seorang koleganya pengusaha dari London Inggris.

"Mesin mesin untuk membangun pabrik semen tersebut sudah ada, tianggal kesiapan kita saja, jika sudah ready, mesin mesin pabrik tersebut tinggal angkat saja ke Rohul, jadi".

Bahkan sejalan dengan pembangunan pabrik semen tersebut, Murnis juga sudah membuat konsep jitu dalam perencanaan pembangunan listrik tenaga uap dengan kafasitas 5000 MW.

Kebutuhan PLN Riau masih kekurangan 2000 MW, dengan terpenuhinya 2000 MW, PLN di Riau tidak akan pernah padam lagi, jadi dengan berdirinya listrik tenaga uap kafasitas 5000 MW itu, kita masih bisa jual 3000 MW.

Bayangkan jika pembangunan industri ini kita dibagun di Rohul, berapa besar Pendapatan Asli Daerah (PAD) Rohul, dan serapan tenaga kerja bagi putra putri kita yang sudah menammatkan pendidikan bisa langsung kerja.

Selain pemamfaatan kekayaan hasil bumi Rohul, ia juga akan memamfaatkan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) yang setiap saat mengolah Crude Palm Oil (CPO).

Jika amanah ada padanya, Murnis akan bangun industri pabrik minyak goreng, industri pabrik Mentega, Sabun dan parpum. Dari sektor pembangunan industri ini juga dapat mendongkrak peningkatan PAD, dan peluang lapangan pekerjaan akan terbuka luas untuk anak-anak kita di Rohul.**(lim)