Gaungriau.com (SIAK) -- Sukses dan amannya perjalanan terhadap pesta demokrasi, seperti Pilkada sangat bergantung eratnya dengan peran dari tenaga pengamanan yang ada sebagai ujung tombak untuk helat pesta demokrasi tersebut.

Seperti dikabupaten Siak untuk pengaman Pilkada yang akan berlangsung serentak di tahun 2020 ini, Pemerintah Kabupaten Siak telah menghibahkan anggaran sebesar 5,4 Milyar.

Hal tersebut diperkuat dengan penandatangan dana hibah oleh Bupati Siak Drs H Alfedri, MSi dengan Kapolres Siak AKBP Doddy Ferdinan Sanjaya diruang pucuk rebung kantor Bupati Siak Senin 27 Januari 2020 disaksikan oleh ketua KPU dan ketua Bawaslu setempat.

Bupati Siak Drs H Alfedri ,M.Si pada kesempatan itu menyampaikan bahwa , beberapa waktu yang lalu Pemerintah Kabupaten Siak juga telah melakukan penandatangan dana hibah untuk pelaksanaan ajang pesta demokrasi pemilihan Bupati dan wakil Bupati Siak yang akan berlangsung serentak pada September Tahun ini.

Besarnya anggaran yang kita hibahkan untuk KPU sebesar 26 ,5 Milyar dan untuk Bawaslu sebesar 10,8 Milyar sudah dilakukan beberapa waktu uang lalu , dan hari ini Pemerintah Kabupaten Siak juga menghibahkan anggaran untuk pengamanan Pilkada yang diberikan kepada pihak kepolisian sebesar 5,4. Milyar.

Dengan demikian kalau kita kokulasikan ketiga komponen tersebut besarnya anggaran yang dihibahkan oleh Pemerintah kabupaten Siak untuk Pilkada serentak ini dari tiga komponen itu berjumlah sebesar 42 ,7 Milyar terang Bupati.

Akan tetapi dalam hal ini bukan besarnya anggaran yang harus ditonjolkan , akan tetapi ini lah bagian dari bentuk dan tanggungjawab Pemerintah Daerah dalam mendukung pihak -pihak yang bertaggungjawab sebagai yang melaksanakan tugasnya terhadap perjalanan seluruh proses sejak dari awal sampai dengan berakhirnya pesta demokrasi Pilkada serentak itu nanti.

"Oleh sebab itulah Pemerintah Kabupaten Siak sangat mengharapkan sekali seluruh elemen yang ada mari kita dukung dan sukseskan helat pemilihan kepala Daerah dan wakil kepala Daerah, semoga semuanya berjalan sukses,"Sebut Bupati berharap.

Semetara itu Kapolres Siak AKBP Doddy Ferdinan Sanjaya mengatakan walaupun dirinya baru menjabat lebih kurang empat bulan sebagai Kapolres Siak , kalau melihat perkembangan dilapangan ,Siak ini termasuk salah satu Daerah yang cukup adem , aman dan nyaman.

Salah satu contoh yang bisa kita jadikan sebagai acuan adalah pelaksanan helat pesta demokrasi terkecil yaitu pemilihan penghulu kampung serentak yang diikuti oleh 45 kampung baru -baru ini , Alhamdulillah semuanya berjalan cukup kondusif dan lancar.

Kami dari pihak kepolisian dalam menjalankan tugas tetap mengedepankan kepentingan publik , yang sudah menjadi tugas dan tanggung jawab jajaran dari pihak kepolisian ,termasuk untuk Pilkada serentak itu nanti,"tambah Kapolres.

Dan dirinya nya juga berterimakasih kepada Pemerintah daerah yang telah memberi dukungan anggaran lewat dana hibah untuk pengamanan Pilkada tersebut akan kami gunakan sesuai dengan tugas dan fungsi sebagai tenaga pengamanan.

Atas dukungan dan kerja sama semua pihak kami Polres siak , sampai saat ini masih terus melaksanakan tugas sehari-hari tetap , dengan memantau perkembangan dinamika Politik dilapangan.

Artinya apa gejala-gejala dan gejolak yang ada di tengah-tengah kehidupan masyarakat terkait dengan Pilkada akan kami upayakan untuk dideteksi sejak dini.

Menurut dia secara emosional dan hubungan secara psikologis dia punya rasa kesadarannya sangat tinggi sekali ini tentunya juga berkat peran serta yang telah dilakukan oleh pihak-pihak terkait, khususnya yang sering turun ke lapangan memberikan sentuhan-sentuhan langsung ke masyarakat.

"Mungkin itu gambaran yang saya sampaikan sekali lagi saya atas nama rekan-rekan kepolisian dan mengucapkan terima kasih atas dukungan anggaran yang kami terima untuk persiapan pengamanan Pilkada 2020 ini,"tutup Kapolres.**(jas)