• Ketua Komisi I Ade Agus Hartanto

Gaungriau.com (PEKANBARU) -- Provinsi Riau melaksanakan acara seleksi KI Provinsi Riau, di Ruang Komisi I DPRD Provinsi Riau, Rabu 3 Nopember 2021.

Acara ini langsung dipimpin Ketua Komisi I DPRD Provinsi Riau Ade Agus Hartanto dan didampingi oleh Wakil Ketua Komisi I Provinsi Riau Amyurlis Alias Ucok, Sekretaris Komisi I DPRD Provinsi Riau Iwandi, serta diikuti oleh Anggota Komisi I DPRD Provinsi Riau lainnya, seperti Zulfi Mursal, Markarius Anwar, Suprianto, Septina Primawati, Sardiyono, Suhaidi dan Agus Triansyah.

Diawal acara Ade Agus Hartanto menyampaikan ada beberapa kriteria yang kita ambil diseleksi KI Provinsi Riau ini yaitu penampilan, berbicara, kepintaran, kejujuran dan komitmen. Sementara peserta yang ikut dalam seleksi sudah mengikuti proses seleksi, memaparkan visi dan misi keikutsertaan peserta seleksi dan menerima pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh Anggota Dewan Komisi I DPRD Provinsi Riau yang diajukan ke peserta seleksi.

Ada 15 nama-nama peserta seleksi KI Provinsi Riau yaitu Abu Siraj, Afrizal, Alnofrizal, Asril Darma, Ferry Hardono, Hasnah Gazali, Hendrisman, Ikhsan Fitra, Johny Setiawan, Junaidi, M Ramli, Muhammad Sondra, Tatang Judiansyah, Yulianti dan Zufra Irwan.

Dihubungi Kamis 4 Nopember 2021, Ketua komisi I DPRD Riau Ade Agus Hartanto mengatakan fit and propertes calon komisioner KI, berjalan tanpa kendala.

"Alhamdulillah fit and propertes untuk 15 orang calon komisioner KI Provinsi Riau berjalan lancar," kata Ade.

Politisi PKB ini mengatakan secara umum pelaksanaan fit and propertes yang berlangsung hingga Rabu petang tersebut, berlangsung tanpa ada kendala dan hasilnya akan segera dibahas diinternal komisi.

Proses penjaringan calon komisioner KPID ini jelas Ade berakhir di DPRD Riau, lima dari 15 orang calon komisioner ini nama-namanya akan disampaikan kepada Gubernur Riau (Gubri), untuk dibuatkan Surat Keputusan (SK) pengangkatan komisioner KPID Provinsi Riau periode 2021-2025.

“Lima nama ini nantinya akan kita putuskan dalam rapat pleno komisi I, setelah itu kita sampaikan ke Gubri untuk dibuat SKnya,” terang Ade.

Sedangkan untuk calon komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Riau, fit and propertesnya yang semula akan dituntaskan dalam pekan kemarin, terpaksa ditunda pekan ini

Ade beralasan karena kesibukan anggota komisi I menjalankan tugas kedewanan, fit and propertes untuk calon komisioner KPID tidak bisa digelar pekan ini.

“Kita ingin semua anggota komisi I DPRD Riau bisa hadir saat fit and propertes calon komisioner KPID seperti saat pelaksanaan fit and propertes calon komisioner KI, jadi kami lihat pekan depan waktu yang pas, kalau tidak Rabu, Kamis akan kita gelar fit and propertes calon komisioner KPID,” imbuhnya.

Berdasarkan Berita Acara Keputusan Tim Seleksi Calon Anggota Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Riau Nomor: 14/TIMSEL-KPID/1/X/2021. Kamis, tanggal 19 Oktober 2021, peserta yang dinyatakan lulus seleksi calon anggota KPID Riau sebagai berikut, Abdullah Mitrin, Asril Darma, Ahmad Royhan, Bambang Suwarno, Dian Citra Andriani,bFithriady Syam, H. Falzan Surahman, Hisam Setiawan, Kazzaini KS, M. Asrar Rais, Mario Abdillah Khair, Misbah, Oziwirman,bPutri Poppy Nirmala, Raga Perwira, Ridwan, Robert Satria, Suci Shintia,bTaufik Hidayat, Tri Ranti dan Warsito.

Dari 21 nama ini yang akan lolos sebagai komisioner KPID hanya lima nama.**(rls)