PEKANBARU--Gaungriau.com-- Jumlah hewan kurban diperkirakan meningkat di Masjid Daarul Abrar DPRD Riau pada Idul Adha 1441 H/2020 M. Kendati, adanya masa krisis pada pandemi covid19, namun tak menyurutkan niat peserta untuk tetap berkurban, jumlah hewan kurban justru diperkirakan meningkat tahun ini dibanding tahun lalu sebanyak 11 ekor sapi yang dipotong di Masjid Daarul Abrar di lingkungan Gedung Lancang Kuning DPRD Riau.

"Kemungkinan jumlah Sapi yang akan dipotong untuk Idul Adha tahun ini lebih banyak dari pada tahun lalu, " terang Ketua Masjid Daarul Abrar DPRD Riau Sugeng Pranoto, Selasa 28 Juli 2020.

Anggota Fraksi PDI-P DPRD Riau ini menerangkan, pihak panitia Masjid Daarul Abrar sudah mengumpulkan data peserta qurban dari beberapa perusahaan dan juga BUMD. Sampai saat ini pihak panitia sedang mempersiapkan rencana sholat Idul Adha dan pemotongan hewan kurban.

Sugeng yang juga anggota Komisi V Bidang Pendidikan dan Kesra (Kesejahteraan Rakyat) ini memaparkan jumlah peserta saat ini ada 6 dengan jumlah sapi 8. Diantaranya yaitu RAPP, Indah Kiat, Panca Eka, Jamkrida masing-masingnya 1 ekor sapi. Lalu PTPN V dan Bank Riau Kepri masing masing ada 2 ekor sapi.

"Kemungkinan jumlah Sapi yang akan dipotong untuk Idul Adha tahun ini lebih banyak dari pada tahun kemarin. Sekedar info tahun lalu Mesjid Daarul Abrar hanya 11 ekor sapi yang dipotong. Dan kita juga sudah mengkonfirmasi kepada semua peserta yang akan berkurban di tempat kita, oleh karena itu kita akan menunggu sampai H-1 Idul Adha untuk jumlah yang Ril nya nanti," jelas Sugeng.

Legislator Dapil Kuansing Inhu ini menuturkan, persiapan panitia terhadap target penerima qurban dan pemotong sapi dan juga jadwal, masih perlu didiskusikan lagi kapan akan dipotong hewan qurban tersebut.

"Untuk penerima bantuan pastinya lingkungan sekretariat Dprd Riau yang layak, panti asuhan, dan wilayah yang tidak ada melakukan pemotongan qurban dikarenakan jumlah pesertanya yang sedikit. Dan juga untuk jadwal dan pemotong hewan qurbannya nanti kita akan diskusikan lagi. Pokoknya H-1 Idul Adha kita mungkin sudah siap dalam persiapan itu semua, " tandas Sugeng.**(rud)