Gaungriau.com (BENGKALIS) -- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau menggelar halal bi halal bersama seluruh pengurus Dharma Wanita Persatuan Dinas Lingkungan Hidup Bengkalis, dan pegawai serta honor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bengkalis, Rabu 19 Juni 2019 bertempat di Aula setempat.

Momentum halal bi halal yang diselenggarakan tersebut langsung dipimpin Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kabupaten Bengkalis, Arman AA didampingi Sekretaris, Tengku Usman dan turut dihadirin seluruh pengurus Dharma Wanita Persatuan DLH Bengkalis, dan kepala bidang dan staf dan pegawai serta seluruh honorer pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bengkalis tersebut diawali dengan doa bersama.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bengkalis, Arman AA mengatakan halal bi halal ini, makna halal bi halal adalah saling bermaafan di hari lebaran. Lebih tepatnya halal bi halal adalah kegiatan silaturahmi di mana diisi dengan saling maaf memaafkan selama hari raya idul fitri.

“Halal bi halal bertujuan untuk menciptakan keharmonisan antar sesama manusia. Jadi walaupun merupakan kata kreasi tersendiri dari orang Indonesia, hakikat halal bi halal adalah hakikat ajaran Al-Quran, kemudian membiasakan untuk selalu bersedekah,”ungkap Arman AA.

Dikatakan Arman AA dengan membiasakan untuk melakukan perbuatan baik dengan bersedekah mengikuti sunnah rassulllah sebagaimana diriwayatkan oleh Allah SWT. “Dengan kita membiasakan bersedekah. Insya Allah karunia Allah SWT akan berlimpah pada manusia yang memberikan sedekah walaupun hanya sebagian kecil dari rezeki yang didapat,”imbuh Kadis mengingatkan.

Ia juga menjelaskan bahwa pada hari raya Idul Adha nanti, pihak DLH Bengkalis akan menyiapkan sebanyak 6 ekor sapi untuk kurban. Dan memberikan kurban gratis khusus untuk 5 orang staf honorer DLH Bengkalis dimana belum pernah kurban.

“DLH Bengkalis nantinya akan memberikan bantuan kurban gratis bagi 5 orang staf honorer yang selama ini belum pernah menerima bantuan kurban,”ujar Kadis.

Disamping itu, Kadis juga mengapresiasi atas kehadiran seluruh pegawai meski pasca libur hari raya Idul fitri hari ini. Selain itu juga lebih sangat dimuliakan program khatam Alquran selama bulan suci ramadhan.

Karena berdasarkan pantauan selama bulan suci ramadhan ada berjumlah 5 orang telah khatam Quran di mushollla Al Asyi, Dinas Lingkungan Hidup Bengkalis.

“Sebagai bentuk komitmen, bagi khatam Quran diberikan bantuan senilai Rp 1 juta kepada 5 orang telah khatam Quran,”ujar Kadis disambut meriah para pegawai dan seluruh staf honorer hadir pada halal bi halal tersebut.**(put)