Gaungriau.com (PEKANBARU) -- Sebagai upaya antisipasi dan pengecahan covid-19 atau virus corona. Pihak pengelola Pelabuhan Sungai Duku siapkan satu ruang isolasi. Ruang ini direncanakan bagi penumpang yang memiliki gejala covid-19 atau virus corona. Kamis 19 Maret 2020.

"Kita sudah siapkan ruang isolasi darurat di areal pelabuhan," ujar Kepala UPT Pelabuhan Sungai Duku, Atria Indrussalam.

Atria mengungkapkan, jika pihak pelabuhan bersama Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Pekanbaru juga melakukan pemeriksaan suhu tubuh para penumpang. Baik itu mereka yang datang, maupun yang hendak berangkatkan.

"Sampai saat ini belum ada penumpang yang mempunyai gejala covid-19. Meskipun demikian, kita terus berupaya meningkatkan kewaspadaan terhadap antisipasi Covid-19. Hal tersebut sesuai dengan instruksi dari Walikota Pekanbaru. Untuk itu, Kami mengimbau agar masyarakat bisa ikut mengantisipasi dengan cara menjaga kebersihan diri," ulasnya.

Lebih jauh dikatakannya, para petugas juga langsung melakukan sosialisasi kepada para penumpang. Mereka mendatangi fasiltas pelabuhan yang jadi titik pengunjung dan penumpang pelabuhan.

"Kami menyampaikan langsung kepada penumpang saat hendak kontrol di sekitar pelabuhan," terangnya.

Atria juga menjelaskan bahwa pihaknya sudah berkordinasi dengan unsur terkait. Mereka kordinasi dengan KSOP, KKP dan Balai Karantina Pihaknya juga menyiapkan perlengkapan cuci tangan.

"Kita juga lakukan pembersihan di ruang publik pelabuhan. Ada juga penyemprotan cairan setara disinfektan," tutupnya.**(saf)