Gaungriau.com -- Untuk pertama kalinya UIR hadir dalam kegiatan Internasional Conference Setelah resmi bergabung dalam European Association for International Education (EAIE) pada Juli 2023 lalu. Di Jerman, Kamis 26 hingga Sabtu 29 September 2023.

EAIE merupakan salah satu organisasi Internasional di Eropa yang anggotanya berasal dari Universitas dan Institusi Pendidikan Tinggi. EAIE Conference 2023 mempertemukan anggota organisasi dari berbagai benua seperti Asia, Amerika, Eropa, dan Australia.

Dari UIR dihadiri oleh Ketua Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Riau Prof Dr Nurman MSi, Rektor UIR Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL, Kepala Kantor Urusan Internasional dan Kerjasama (KUIK) UIR Dr Rendy Prayuda SIP MSi dan Kaprodi S2 Ilmu Hukum UIR Dr. Surizki Febrianto SH MH.

”Untuk pertama kalinya Universitas Islam Riau mengikuti kegiatan Iternasional Conference yang diadakan oleh European Association for International Education. Melalui kegiatan ini kita dapat bertemu dengan berbagai Perguruan Tinggi di dari berbagai negara. Seperti dari Indonesi dihadiri juga oleh UI, Universitas BINUS, dan ITB," sebut Kepala KUIK UIR.

Kegiatan hari pertama yaitu Preliminary Course and Discussion seperti berkenalan dan bertukar kontak dengan seluruh Institusi Pendidikan. hari kedua dilanjutkan dengan Exhibition Hall berupa pameran dan bertukar informasi.

Masuki hari ketiga dan keempat, kegiatan berupa Seminar Internasional and Front Class, dalam hal ini Rektor UIR fokus pada tata kelola pendidikan dan membangun relasi global sehingga UIR mampu bersaing dan berkompetisi dengan Universitas yang ada di Eropa.

Rendy Prayuda menyebut, beberapa mitra yang sudah konfirmasi untuk Implementasi bekerjasama dengan UIR yaitu Saint Louis University dari Amerika, Erasmus University Rotterdam dari Eropa, Turkey Karabuk University & Istanbul Zaim University, Ritsumeikan University dari Jepang, Melbourne and Deakin University dari Australia, Anna University Chennai India serta dari dalam negeri ada UI dan Binus University.

“Adapun kerjasam yang akan kita lakukan dengan beberapa mitra diatas nantinya yaitu visiting, exchange lecture or professor, exchange student, double degree, joint research, joint publication, dan community service program”, tambah Rendy. (rls)