• Rusli S.P.d MS.i, kepala sekolah SMP Negeri 01 Kuntodarussalam

Gaungriau.com (KUNTODARUSSALAM) -- Jika tidak ada aral melintang, SMP Negeri 01 Kuntodarussalam, Kabupaten Rohul, Provinsi Riau, pada awal Tahun Pelajaran (TP) 2020-2021 ini akan buat penerapan inovasi baru disekolah dengan program moving class.

Demikian diungkapkan oleh Kepala Sekolah SMP Negeri 01 Kuntodarussalam, Rusli, S.Pd. M.Si, kepada gaungriau.com, di ruang kerjanya, Senin 11 Mei 2020.

Dikatakan, bahwa moving class ini adalah salah satu sistem pembelajaran, yang mana setiap guru mata pelajaran sudah siap mengajar di ruang kelas yang telah ditentukan sesuai dengan mata pelajaran yang dia punya.

Artinya yang biasanya guru mata pelajaran itu akan mendatangi kelas dimana dia mengajar saat itu, dengan inovasi ini sekarang guru itu berada pada kelasnya masing masing, dan anak didiklah yang mendatangi guru dimaksud.

"Jadi setiap guru mata pelajaran akan punya kelas masing masing, tiga orang guru matematika ada kelas matematika 1, ada matematika 2, dan matematika 3 dan begitu selanjutnya dengan bidang studi mata pelajaran lainnya", ujar Rusli.

Tujuan diadakannya moving class ini adalah untuk menciptakan sesi pembelajaran baru dalam pembelajaran. Dengan penerapan Moving class maka terjadi kerjasama antara siswa dalam kegiatan proses belajar, sehingga suasana dalam belajar itu tidak menimbulkan kejenuhan bagi peserta didik.

Selain itu, juga akan memulihkan dan menambah motivasi belajar para siswa serta guru sebagai tenaga pendidik juga dapat mempersiapkan serta merencanakan materi pembelajarannya dengan lebih baik.

Rusli meyakini bahwa dengan inovasi moving class ini dapat mengembalikan motivasi belajar para siswa dan memotivasi para guru untuk lebih giat memberikan materi pembelajaran pada anak didiknya.

Sepintas diakui Rusli, proses penerapan moving class ini akan sulit ditereapkan, karena terjadinya perpindahan kelas dan perebutan kursi oleh peserta didik. Namun Rusli mengakui, jika pelaksanaannya diatur dengan baik serta disiplin, juga peran guru dilaksanakan untuk membimbing siswa, Rusli optimis inovasi program moving class ini akan berjalan lancar.

Dengan program moving class kita yakin pembelajaran di SMPN 1 Kuntodarussalam ini akan lebih epektif. Selain itu, kebersihan ruangan kelas senantiasa dapat terjaga dan pasilitas mobiler serta aksesoris kelas dapat dijaga dan terminimalisir kerusakannya.

"Karena begitu peserta anak didik habis belajar, mereka tidak berada dalam ruang kelas lagi. Dengan terjaganya keutuhan dan kebersihan ruangan kelas belajar, maka para siswa dan tenaga pengajar lebih nyaman dalam melaksanakaan proses belajar mengajar itu," pungkasnya.**(lim)