Gaungriau.com (SIAK) -- Dana bantuan untuk Partai politik (Parpol) yang telah di alokasikanoleh Pemerintah Kabupaten Siakdisetiap Tahun ABPD merupakan dana pembinaan untuk masing -masing Parpol yang ada kursinya di DPRD Siak.

"Besaran dana bantuan yang akan diterima oleh setiap partai politik bergantung kepada suara sah yang diraih oleh partai politik yangadadikalikan dengan suara sah yang didapat oleh partai terkait, yang manapersuara nya akan mendapatkan dana sebesar Rp 5030," jelas Kepala Badan Kesbang pol Kabupaten Siak Hasmizal ,S.Sos, kepada wartawan, kemarin.

Hasmizal menerangkan bahwa dana bantuan untuk Partai politik yang ada kursinya di DPRD untuk Tahun anggaran 2019 hingga saat ini sampai bulan Agustus ini belum ada satu partai politik pun yang mencairkan dana tersebut.

"Pada prinsip nya terkait dana bantuan untuk Partai politik ini ,pihak Kesbang pol dalam penanganan nya tugas kami hanya melakukan perivikasiterhadap administasi nya saja ,cuma itu tugas kesbang pol,"terang Hasmizal.

Namun perlu diketahui terkait dana bantuan ini sudah ada sejumlah partai politik yang telah memasukan berkas permohonanke Kesbang untuk pol untuk mengambil dana bantuan tersebut.

"Untuk cepat atau tidaknya dana tersebut cair, kelengkapan administrasi yang diajukab parpol sangat menentukan, jadi kami ingatkan kepada parpol untuk bisa melengkapi seluruh persyaratan administrasi yang dibutuhkan untuk pebcairan dana tersebut,"tegasnya lagi.

Sementara Ketua DPD Partai Gerindra Kabupaten Siak Sutarno SH, menyebut kalau Partai yang dia pimpin sudah memasukan berkas ke Kesbangpol.

"Tentang administrasi sudah tidak ada persoalan lagisemuanyasudah kami lengkapi, dana tersebut kalau tidak diambil ya sayang, ya lumayan juga untuk membantu sejumlah kebutuhan partai lah, harus di ambil donk,"ungkas Sutarno.**(jas)