• Sekretaris Disduk Capil Siak, Syaiful Amri

Gaungriau.com (SIAK) -- Biasanya, setiap menjelang helat pesta demokrasi, permintaan pembuatan KTP terjadi peningkatan. Tapi, jelang dilaksanakannya Pilkada serentak tahun depan yang prosesnya sudah dimulai, tak ada kesibukan yang berarti di kantor Disdukcapil Kabupaten Siak.

Sekretaris Dinas Kependudukan Cacatan Sipil Kabupaten Siak, H Syaiful Amri SH kepada media ini mengatakan, biasanya setiap akan dilaksanakannya pesta demokrasi terjadi lonjakan permintaan pembuatan KTP.

"Tapi, sampai sekarang ini proses permintaan identitas diri di kantor kependudukan catatan sipil kabupaten Siak masih dalam tahap biasa-biasa saja dan tidak ada terjadi lonjakan," ujarnya.

Dia menjelaskan, dalam pengurusan administrasi untuk identitas diri, siapa saja yang mengajukan permohonan, baik itu untuk rekam e-KTP dan juga masyarakat yang hendak menjadi warga Kabupaten Siak, yang penting harus menyodorkan surat pindah. Jika semua persyaratan lengkap, tetap akan diproses secepatnya sesuai dengan aturan kependudukan yang berlaku.

"Memang setiap hari ada saja warga yang minta e-KTP dengan melakukan perekaman yang berasal anak-anak yang sudah meningkat dewasa yang diharuskan wajib memiliki KTP, tapi tidaklah begitu ramai jumlahnya," pungkasnya.**(jas)