Gaungriau.com (PASIR PENGARAYAN) -- Secara resmi, 45 anggota DPRD Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) masa bakti 2019-2020, hasil Pemilu 2019, Senin 2 September 2019 siang, dilantik Ketua Pengadilan Negeri (PN) Pasir Pengarayan, Sunoto SH, MH.

Pelanatikan digelar, melalui Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Rohul dalam rangka Pengucapan Sumpah/ Janji Anggota DPRD Kabupaten Rohul masa jabatan 2019-2024 dipimpin Ketua DPRD Rohul Kelmi Amri SH, Zulkarnain S.Sos, Hardi Chandra, dan Abdul Muas ini dihadiri Bupati Rohul H. Sukiman dan segenap Forkompinda Rohul.

Dikegiatan itu, juga hadir Ketua LAMR Rohul H. Zulyadaini, Sekda H. Abdul Haris S.Sos, Pejabat Eselon Pemkab Rohul Ketua Tim Penggerak PKK Rohul Hj. Peni Herawati, Ketua Dharma Wanita Persatuan Rohul Hj. Netty Herawati.

Juga hadir tokoh masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Perempuan, Ketua DPRD Kabupaten Padang Lawas H. M. Hamidi Pasaribu SH, Ketua DPRD Lima Puluh Kota Syamsul Mikar‎, Mantan Wakil Bupati Rohul 2001-2006 Auni M. Noer, mantanwakil Bupati Rohul 2011-2016 Ir. H. Hafith Syukri MM, mantan Sekda Rohul 2001-2006‎ Syafudin Nasution, juga hadir Dosen UPP Rohul Aldof.

Selain itu, juga hadir para Komisioner KPU dan Komisioner Bawaslu Kabupaten Rohul, mantan Ketua DPRD Rohul Alilius dan Nasrul Hadi ST, MT, keluarga anggota DPRD Rohul, serta segenap tamu undangan lainnya.

Ketika memimpin Rapat Paripurna, Ketua DPRD Rohuk 2014-2019 ‎Kelmi Amri mengatakan, rapat paripurna ini merupakan puncak dari Pemilu yang dilaksanakan 17 April 2019.

Kelmi dijadwalkan akan dilantik sebagai anggota DPRD Provinsi Riau 2019-2024 pada 6Sepetember 2019 mendatang di Pekanbaru, dan dirinya mengapreasi atas partisipasi masyarakat dalam mensukseskan Pemilu 2019 dengan cara bijak.

‎Usai pengambilan sumpah/ janji, Kelmi menyerahkan palu ke pimpinan sementara DPRD Rohul 2019-2024, yakni Novliwanda Ade Putra SE sebagai ketua yang didampingi Dedek Hendro sebagai wakilnya.

Ketua DPRD Kabupaten Rohul 2019-2024 Sementara, Novliwanda Ade Putra, mengatakan, setelah rapat paripurna ada beberapa hal yang harus dikejar tayang, seperti pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD) termasuk di dalamnya pembentukan komisi, Orientasi Anggota DPRD Rokan Hulu yang baru dilantik, pembetukan tata tertib DPRD.

"Insya Allah‎ akan kita kejar dalam satu bulan ini kita tuntaskan, sehingga di awal bulan depan (Oktober 2019) kita sudah mulai pembahasan APBD Murni 2020," kata Novliwanda dan mengaku pembahasan APBD Perubahan 2019 sudah diselesaikan wakil rakyat periode sebelumnya.

Novliwanda juga menambahkan, untuk pembahasan AKD akan dikejar dan selesai secepatnya. Ia memperkirakan pembahasannya sudah selesai dalam pekan ini juga.

"Nantinya ,kita perkenalan dulu. Hari besok istirahat dulu‎, setelah itu kita akan rapat internal DPRD, setelah itu baru kita agendakan, termasuk pembentukan AKD dan lain sebagainya," ucap Novliwanda.**(lim)